PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN E-WORD OF MOUTH PADA AKUN TIKTOK @AZARINECOSMETIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AZARINE SERUM SUPERHERO MARVEL

Khoiriyah, Ni’matul (2024) PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN E-WORD OF MOUTH PADA AKUN TIKTOK @AZARINECOSMETIC TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK AZARINE SERUM SUPERHERO MARVEL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000084_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000084_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Azarine Serum Superhero Marvel merupakan salah satu produk azarine cosmetic dengan kolaborasi yang dilakukan bersama Superhero Marvel yang mengadirkan 12 jenis serum dengan berbagai fungsi untuk merawat permasalahan pada kulit wajah. Pemanfaatan media sosial dalam hal pemasaran yang dilakukan azarine pada akun Tiktok @azarinecosmetic sebagai media promosi dan sarana informasi bagi pengguna dalam bentuk komunikasi online (E-word of Mouth). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan Eword of mouth pada akun tiktok @azarinecosmetic terhadap keputusan pembelian produk azarine serum superhero marvel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivime. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu Theory of Reasoned Action. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 829.500 followers dan jumlah sampel 100 responden melalui kuesioner serta di uji menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan uji T yang dilakukan pada variabel Promosi Penjualan (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4.662 > t tabel 1.985. Variabel E-word of Mouth (X2) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Keputusan pembelian (Y) dengan nilai signifikansi 0,162 > 0,05 dan nilai t hitung 1.408 < t tabel 1.985. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa Promosi penjualan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan tindakan keputusan pembelian, sedangkan Eword of mouth pada penelitian ini belum bisa dijadikan dasar keyakinan atas konsekuensi dalam pengambilan keputusan pembelian. Keterbatasan penelitian ini sampel yang digunakan hanya followers Tiktok sedangkan memungkinan juga terjadi pembelian pada sosial media yang lain, serta jawaban yang diberikan oleh responden tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Maka dari itu untuk penelitian selanjutnya, sampel penelitian bisa diperluas lagi sehingga didapatkan hasil penelitian yang lebih menyeluruh mengenai keputusan pembelian konsumen. Kata kunci : Promosi Penjualan. E-word of Mouth, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36569

Actions (login required)

View Item View Item