Persepsi Pemilih Pemula terhadap Jingle “PAN PAN PAN” dalam Membangun Citra Politik Partai Amanat Nasional pada Pemilu 2024 (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Unissula)

Meilani, Nadella (2024) Persepsi Pemilih Pemula terhadap Jingle “PAN PAN PAN” dalam Membangun Citra Politik Partai Amanat Nasional pada Pemilu 2024 (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Unissula). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000082_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000082_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Persepsi Pemilih Pemula terhadap Jingle “PAN PAN PAN” dalam Membangun Citra Politik Partai Amanat Nasional pada Pemilu 2024 (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Unissula). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentamg persepsi audiens terhadap iklan partai politik “PAN PAN PAN” sebagai media promosi dalam membangun citra politik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma interpretif, dengan menggunakan teori persepsi dari Herman Vol Helmoltz. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan sampel 5 informan Mahasiswa pemilih pemula Unissula. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara terstruktur sebagai sumber data primer dan studi pustaka sebagai sumber data sekunder yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis dari Herman Vol Helmoltz melalui persepsi. Menurut Herman Vol Helmoltz terdapat 3 proses persepi, yaitu terjadinya stimuli, stimuli diproses alat indra, lalu stimuli alat indra ditafsirkan. Dan didalam penelitian ini ditemukan kelima informan melakukan 3 proses persepsi dengan baik. Kelima informan memiliki pendapat atau persetujuan yang sama dalam memaknai dan persepsi. Hasil penelitian ini peneliti menemukan bahwa kelima informan memiliki sudut pandang yang sama tentang bagaimana mereka merespon ketika mereka menonton video Jingle PAN PAN PAN. Hasil observasi mereka menunjukkan bahwa semua lima informan merespon video dengan sangat positif dan antusias. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pesan atau ajakan yang ada dalam jingle ini juga direspon dengan baik oleh para informan. Selain itu, nada jingle dan visual artis yang disajikan dalam video jingle PAN PAN PAN membuat informan lebih tertarik. Jingle menunjukkan bahwa kader partai semakin dekat dengan pemilih baru dan memberikan kesan partai politik yang dinamis, kontemporer, dan tidak ketinggalan zaman. Sangat jelas bahwa pemilih pemula Unissula sangat positif. Selain itu, berdasarkan persepsi informan tentang Jingle PAN PAN, itu dilihat dengan baik. Ini menunjukkan bahwa Partai PAN telah berhasil membangun citra politiknya melalui jingle tersebut. Kata Kunci : Persepsi, Jingle PAN PAN PAN, Pemilih Pemula, Mahasiswa Unissula, Pemilu 2024

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36566

Actions (login required)

View Item View Item