Giriawan, Muhammad Yusuf (2024) STRATEGI INTERNAL PUBLIC RELATIONS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN PT DUA KELINCI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000080_fullpdf.pdf Download (905kB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000080_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
Abstract
Keberhasilan sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan, akan sangat tergantung dari semangat karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Sejak bulan November sampai Januari 2024 masih terdapat karyawan yang melakukan bolos kerja dengan presentase mencapai 40%. Selain itu, terdapat kesenjangan antara persepsi manajemen dan karyawan mengenai efektivitas saluran komunikasi yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi public relations PT Dua Kelinci dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan, serta tahapan yang dilakukan oleh public relations PT Dua Kelinci dalam upaya tersebut. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme,melalui pengembangan pemahaman yang dilakukan melalui interaksi secara langsung dengan objek dan lingkungan dengan cara melihat, menjamah,mendengar melalui wawancara dan terjun secara langsung.Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Menggunakan kerangka Teori X dan Y dari (McGregor, 1960), penelitian ini menemukan enam strategi utama yang diterapkan oleh Public relations PT Dua Kelinci dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan : menjaga komunikasi internal dengan baik antara Public Relations dan karyawan, meningkatkan loyalitas dan kepuasan karyawan, melakukan strategi komunikasi dua arah, penerapan system reward dalam perusahaan, melakukan penilaian kinerja karyawan secara periodik dan dengan formulir penilaian untuk mengetahui perkembangan karyawan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi instansi lain dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan. Strategi public relations PT Dua Kelinci menunjukkan komitmen perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan melalui komunikasi yang kolaboratif, transparan, dan saling menguntungkan. Pendekatan ini berhasil menciptakan solusi win-win dengan memenuhi kebutuhan dan kepentingan karyawan, membangun hubungan kerja yang positif, meningkatkan kapasitas karyawan, serta memanfaatkan potensi dan kekuatan mereka untuk mencapai tujuan bersama Kata Kunci : Strategi, Internal Public relations, Kinerja Karyawan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:44 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36565 |
Actions (login required)
View Item |