REPRESENTASI ROMANTISME PADA VIDEO KLIP MUSIK GOCHIKARA – RASA DI HATI (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Athif, Muhammad Naufal (2024) REPRESENTASI ROMANTISME PADA VIDEO KLIP MUSIK GOCHIKARA – RASA DI HATI (SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000076_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000076_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan video klip musik “Gochikara Rasa Di Hati" yang topik utamanya adalah Romantisme dengan merepresentasikan adeganadegan yang terjadi di dalam video klip. Penelitian ini bertujuan menganalisis representasi romantisme dalama video klip musik Gochikara – Rasa Di Hati menggunakan semiotika Roland Barthes yang didalamnya terbagi menjadi tiga tingkatan semiotika yaitu denotasi, konotasi, dan mitos. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Paradigma yang digunakan adalah paradigma interpretif. Teori yang digunakan adalah teori representasi dan romantisme Russell Noyes. Pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah melalui analisis dokumentasi (observasi visual dalam video klip musik) dan juga studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat delapan scene yang merepresentasikan romantisme didalamnya. Menggunakan semiotika Roland Barthes, ditemukannlah dua representasi romantisme yakni individualisme dan eksotisme yang terdapat dalam video klip musik Gochikara – Rasa di Hati. Kelompok romantisme terbanyak terdapat pada romantisme individualisme dengan 8 adegan yang menjurus ke individual atau kesendirian. Tanda-tanda Romantisme dalam video klip musik Gochikara – Rasa Di Hati terfokus pada gambar adegan yang terdapat pada video klip. Video klip Gochikara – Rasa Di Hati ini meintpretsikan romantisme kedalam romantisme individualisme sebanyak 8 scene adegan, romantisme eksotisme sebanyak 2 scene adegan dan romantisme melankolis sebanyak 2 scene. Kata Kunci : Representasi, Romantisme, Video Klip, Gochikara Rasa Di Hati, Semiotika Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36560

Actions (login required)

View Item View Item