Burhanudin, Muchamad (2024) Analisis Resepsi Iklan Edutainment Google Versi “Kenali Taktik Merusak Reputasi” Pada Pemilih Pemula Dalam Pemilu 2024 di Kota Semarang. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000068_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) |
Abstract
Pemilih Pemula yaitu seorang generasi muda yang baru pertama kali yang memberikan suaranya dalam pemilu atau belum berpengalaman dalam pemilu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi Pemilih Pemula setelah menonton Iklan Edutainment versi Taktik Merusak Reputasi” yang dibuat oleh Google menjelang pemilu 2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma Interpretif, dengan menggunakan teori analisis Resepsi oleh Stuart Hall. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Focus Group Discussion (FGD) sebagai sumber primer pertama dan wawancara terstruktur sebagai sumber primer kedua. Studi Pustaka sebagai sumber sekunder. Pengambilan infroman dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni Pemilih Pemula kota Semarang berdasarkan kriteria dan pemahaman fenomena yang sedang diteliti. Hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan Teknik analisis Stuart Hall yaitu encoding dan decoding. Menurut Stuart Hall, ada tiga posisi penerimaan (dominant hegemonic, negotiated, oppositional). Pada penelitian berjumlah enam belas informan, ditemukan enam informan yang berada di dominant hegemonic position, lima yang berada pada negotiated position dan lima informan di posisi oppositional position dalam penerimaan mereka terhadap iklan edutainment google versi “kenali taktik merusak reputasi”. Penelitian ini menemukan bahwa penerimaan terhadap iklan edutainment Google sangat bervariasi di kalangan pemilih pemula. Tingkat penerimaan dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk pengetahuan, pengalaman pribadi, dan pandangan media yang dimiliki setiap individu. Hal ini menandakan bahwa pemaknaan pesan oleh khalayak bersifat dinamis atau dapat berubah seiring dengan perubahan yang terjadi pada diri individu. Selain itu dalam penelitian ini informan memaknai pesan iklan dengan cukup baik. Iklan ini berhasil menarik perhatian sebagian informan dengan pesan-pesan yang mengedukasi serta menghadapi tantangan sebagai pemilih pemula dalam proses pengambilan keputusan politik. Kata Kunci : Resepsi, Iklan Edutainment, Pemilih Pemula, Pemilu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36550 |
Actions (login required)
View Item |