Zuhairina, Meirika (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN DAN KUALITAS KONTEN DI AKUN INSTAGRAM @BANGONIM TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL FOLLOWERS PADA KONFLIK PALESTINA – ISRAEL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000063_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000063_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
Abstract
Di era teknologi yang semakin modern membuat informasi yang didapatkan menjadi lebih massif. Karena itu semakin banyaknya muncul hoaks dalam sosial media termasuk pada konflik Palestina – Israel. Bahkan pihak Israel menggunakan propaganda untuk mendapatkan dukungan publik seperti alasanya melakukan genosida karena Hamas yang memulainya. Dengan Instagram sebagai media sosial yang terkenal akan hedonismenya dengan menampilkan gaya hidup penggunanya apakah dapat dijadikan sebagai media menyebarluaskan edukasi dengan informasi yang sebenarnya terjadi pada konflik palestina israel. Peneliti melihat bahwa Bangonim sebagai seorang yang aktif dalam membantu masyarakat Palestina juga berupaya meningkatkan perilaku prososial masyarakat terutama yang berada di Indonesia dengan berusaha memberikan konten berkualitas. Karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui seberapa besar pengaruh terpaan konten dan kualitas konten di akun instagram @bangonim terhadap perilaku prososial followers pada konflik Palestina – Israel. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian kuantitatif dengan paradigma positivisme yang ingin melihat sebab akibat dari realitas sosial. Penelitian ini menggunakan teori Kultivasi. Dengan sampel sebanyak 100 followers akun Instagram @bangonim yang diperoleh dari teknik purposive sampling. Dengan pengujian menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat pengaruh terpaan konten dan kualitas konten di akun Instagram @bangonim terhadap perilaku prososial followers pada konflik Palestina – Israel. Pada hasil Uji T diketahui bahwa terpaan konten berpengaruh terhadap perilaku prososial dengan menunjukkan nilai T hitung sebesar 3.276. Sedangkan pengaruh kualitas konten terhadap perilaku prososial menunjukkan nilai T hitung sebesar 4.182. Kedua variabel ini memiliki nilai T hitung yang lebih besar daripada T tabelnya yaitu 0,1984 dengan signifikansi masing – masing bernilai 0,001 yang juga lebih kecil dari 0,05. Pada hasil Uji F, variabel pengaruh terpaan konten dan variabel kualitas konten terhadap variabel perilaku prososial diketahui nilai F hitung sebesar 54.764 nilai ini lebih besar dari F tabel yaitu 2,70 dan signifikansi 0,001<0,05. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa terpaan konten dan kualitas konten berpengaruh secara bersama – sama terhadap perilaku prososial sebesar 52,1%. Kata Kunci: Terpaan Konten, Kualitas Konten, Perilaku Prososial, Instagram. ix
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 01:37 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36545 |
Actions (login required)
View Item |