PENGARUH TERPAAN KONTEN DAN KUALITAS KONTEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @VISITBELITONG TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH DESTINASI WISATA DI PULAU BELITUNG

Atussoliha, Mar (2024) PENGARUH TERPAAN KONTEN DAN KUALITAS KONTEN MEDIA SOSIAL PADA AKUN INSTAGRAM @VISITBELITONG TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH DESTINASI WISATA DI PULAU BELITUNG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000060_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000060_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Kabupaten Belitung merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain kaya akan sumber daya mineral seperti timah, juga memiliki sumber daya ikan yang merupakan salah satu sumber penghidupan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir. Tidak hanya itu, Pulau Belitung juga memiliki berbagai macam destinasi wisata yang terkenal seperti pantai. Salah satu destinasi wisata yang menjadi prioritas nasional adalah Pantai Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh terpaan konten dan kualitas konten akun media sosial pada akun Instagram @visitbelitong terhadap keputusan memilih destinasi wisata di Pulau Belitung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori SO-R (Stimulus-Organism-Response). Penelitian ini menggunakan paradigma Positivisme dengan metode Kuantitatif. Subjek penelitian ini yaitu Followers akun Instagram @visitbelitong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisiensi regresi terpaan konten (X1) yaitu 0,315 dan nilai F 29.720 serta nilai t hitung sebesar 5.452 dengan signifikansi sebesar 0,001 0,05. Selanjutnya terdapat hubungan signifikan antara variabel kualitas konten (X2) terhadap keputusan memilih (Y). Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05 maka H2 diterima. Nilai koefisiensi regresi kualitas konten (X2) yaitu 0,655 dan nilai F 108.262 serta nilai t hitung sebesar 10.405 dengan signifikansi sebesar 0,001 0,05 serta terdapat hubungan signifikan antara variabel terpaan konten (X1) dan kualitas konten (X2) terhadap keputusan memilih (Y). Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,001 lebih kecil dari () 0,05 maka H3 diterima. Nilai koefisiensi regresi terpaan konten (X1) yaitu 0,037 dan kualitas konten (X2) yaitu 0,691 dan nilai F 53.935 dengan signifikansi sebesar 0,001 0,05. Kata kunci: Terpaan Konten, Kualitas Konten, Destinasi Wisata, Pulau Belitung, Instagram

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 29 Nov 2024 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36544

Actions (login required)

View Item View Item