Representasi Perempuan Masa Kini Dalam Iklan YouTube (Analisis Semiotika Roland Barthes Versi “Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan”)

Khoirunisak, Khoirunisak (2024) Representasi Perempuan Masa Kini Dalam Iklan YouTube (Analisis Semiotika Roland Barthes Versi “Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan”). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000057_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000057_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)

Abstract

Pada era digital ini iklan dapat dengan mudah diakses di berbagai platform media, salah satunya yaitu melalui YouTube. Iklan selalu menampilkan perempuan sebagai daya tarik. Wacana dalam iklan masih menampilkan posisi perempuan yang tersubordinasi dan terbatasi geraknya pada ranah domestik saja. Seiring dengan masifnya pergerakan perempuan, kini iklan mulai menerapkan konsep kesetaraan dan keadilan jender dalam kampanyenya. Seperti pada iklan YouTube Wardah Brave Beauties #BergerakHidupkanHarapan yang turut menyuarakan hak-hak perempuan sebagai representasi dari feminisme perempuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivisme, kemudian menggunakan teknik analisis data kajian semiotika Roland Barthes dengan konsep signifikasi dua tahap (two order of signification) yaitu hubungan penanda dan petanda untuk menghasilkan makna denotasi sekaligus konotasi, kemudian melihat aspek lain yang mencakup unsur kebudayaan pada makna konotasi dan mitos. Hasil temuan lalu diidentifikasi menggunakan teori feminisme posmodern. Hasil penelitian menunjukan representasi perempuan masa kini dalam iklan ini terbagi menjadi 6 adegan yang menggambarkan perempuan sebagai pribadi yang bebas dalam mengambil keputusan, pribadi yang tangguh, berani memimpin, dan menggerakan kebaikan. Adegan ini memperkuat nilai-nilai feminisme posmodern, dimana perempuan menciptakan bahasa atau wacananya sendiri untuk mendefinisikan dirinya. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada makna denotasi sebagai makna yang paling nyata pada tanda dalam iklan, terdapat 6 adegan makna yang merepresentasikan perempuan masa kini yaitu kebebasan, ketangguhan, keberanian dan kepemimpinan, serta perempuan sebagai penggerak kebaikan. Makna konotasi sebagai makna yang tidak diungkapkan secara langsung, bersifat subjektif, yaitu perempuan era sekarang telah mengalami perubahan dan mulai meninggalkan nilai-nilai tradisional yang membatasi gerak perempuan. Mitos yang merupakan hasil perluasan makna konotasi pada iklan ini adalah kebebasan, independensi dan aktualisasi diri perempuan sebagai bentuk perlawanan dari budaya patriarki yang membuat peran perempuan termarginalkan. Kata Kunci : Representasi, Semiotika, Iklan, Feminisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2024 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36539

Actions (login required)

View Item View Item