Rahman, Juan Julian (2024) ANALISIS SEMIOTIKA ANIME NARUTO SHIPPUDEN PADA ARC PAIN (EPISODE 152-175) SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI PERSUASIF. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000055_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000055_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
Abstract
Interaksi dan komunikasi antar individu sangat penting dalam membentuk keluarga, kelompok sosial, dan masyarakat. Namun, proses ini sering kali tidak berjalan lancar, karena individu kerap kali sulit menerima pendapat komunikator, terutama dengan komunikasi perintah. Komunikasi persuasif muncul sebagai solusi untuk mempengaruhi komunikan agar sejalan dengan keinginan komunikator. Menurut Carl Hovland, komunikasi persuasif adalah serangkaian tindakan yang bertujuan mempengaruhi sikap, keyakinan, dan perilaku individu melalui pesan-pesan komunikasi. Perloff juga menekankan pentingnya memahami komunikasi persuasif untuk mengubah sikap atau perilaku tanpa paksaan. Anime, sebagai media penyampaian pesan komunikasi, memiliki fungsi informatif dan persuasif. "Naruto Shippuden" adalah contoh yang relevan. Dalam episode 174, menit 05.00, Naruto Uzumaki menggunakan komunikasi untuk menyelesaikan konflik dengan Pain, menekankan pentingnya dialog dan perdamaian daripada kekerasan. Penelitian ini bertujuan mendalami teknik komunikasi persuasif dalam "Naruto Shippuden" untuk menjadi acuan dalam dunia akademis dan perfilman, serta memberikan pemahaman berharga tentang komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan model semiotika Roland Barthes, yang membagi makna menjadi konotasi, denotasi, dan mitos.Adegan-adegan dengan karakter seperti Naruto, Pain, Tsunade, dan Kakashi menunjukkan konflik emosional dan ideologis yang mencerminkan Analisis ini menyoroti penggunaan tanda dan simbol untuk menyampaikan pesan persuasif, serta dampak dialog dan narasi dalam membentuk makna dan mempengaruhi penonton. Melalui penggunaan tanda dan simbol, serta dialog yang kuat, "Naruto Shippuden" berhasil menyampaikan pesan persuasif yang tidak hanya mempengaruhi penonton secara emosional, tetapi juga menawarkan refleksi mendalam tentang nilai-nilai kehidupan, menjadikannya contoh yang efektif dalam komunikasi persuasif. Kata Kunci : Semiotika, Naruto Shippuden, Komunikasi Persuasif, Anime
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:33 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36527 |
Actions (login required)
View Item |