ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS MENGENAI PESAN MEDIA STATEMENT MCDONALD’S INDONESIA TERHADAP REPUTASI TENTANG ISU BOIKOT PRODUK ISRAEL DI MEDIA INSTAGRAM

Al Amin, Hasbullah Nur (2024) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS MENGENAI PESAN MEDIA STATEMENT MCDONALD’S INDONESIA TERHADAP REPUTASI TENTANG ISU BOIKOT PRODUK ISRAEL DI MEDIA INSTAGRAM. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000050_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000050_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Analisis Resepsi merupakan sebuah pendekataan untuk mempelajari tentang khalayak. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui resepsi khalayak mengenai pesan media statement Mcdonald’s Indonesia tentang isu boikot produk israel terhadap reputasi perusahaan Mcdonald’s Indonesia. Berdasarkan pada teori analisis resepsi yang dikemukakan oleh Stuart Hall menggunakan metode pendekataan model encoding dan decoding pesan. Dimana media sebagai sumber informasi, maka media massa tentunya memilki dampak yang mampu menciptakan persepsi, pemikiran dan interpertasi khalayak yang melihat dan membacanya melalui (teks tulisan, gambar, dan visual vidio konten). Stuart Hall memandang khalayak aktif secara selaktif menafsirkan pesan berdasarkan dari latar belakang sosial, budaya, karakter, serta pengalaman setiap masing-masing dari diri mereka. Pendekataan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekataan kualitatif diskriftif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan analisis isi pesan. Berdasarkan Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwasanya informan 1,2 dan 5 menempati posisi dominan hegemoni postion mereka setuju dengan isi pesan media statement Mcdonald’s Indonesia. Kemudian informan 3, 4 mereka berada diposisi negotiated position dimana mereka setuju dengan isi media statement Mcdonald’s Indonesia namun mereka punya persepsi yang berbeda tentang media statement yang di unggah oleh Mcdonald’s Indonesia. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Media Statement, Boikot, Instagram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36521

Actions (login required)

View Item View Item