Adibah, Fathiyatun Najwa (2024) PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS UMAH SAKIT ISLAM GIGI DAN MULUT SULTAN AGUNG PADA KONTEN “JAWAB KOMENTAR KAMU” DAN “DGMSHARING” DI INSTAGRAM UNTUK MENCEGAH PENYAKIT DI AREA GIGI. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000040_fullpdf.pdf Download (4MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000040_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
Abstract
Peran Humas dalam membangun citra perusahaan sangat diperlukan, terlebih lagi perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan. Dekan dukungan penuh , humas selalu menerapkan beberapa strategi mereka agar kesadaran masyarakat terus meningkat berupa kerjasama internal dalam menyusun konten edukasi yang maksimal. Selain itu, didukung dengan berkembangnya media sosial saat ini juga sangat berpengaruh dalam merencanakan strategi yang tepat agar konten terus berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui alasan informasi yang disampaikan pada postingan Instagram “jawab komentar kamu” dan “DGM Sharing” dapat memperluas akses kepada masyarakat atau tidaknya, serta untuk untuk mengetahui peran humas dalam mengembangkan strategi komunikasi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori public relation, teori uses and gratification, dan strategi komunikasi. Hasil dari penelitian ini adalah Humas RSIGM Sultan Agung terus mengoptimalkan kualitas konten “jawab komentar kamu” dan “DGM Sharing” agar konten tersebut dapat berkembang dengan mencari talent khusus agar tidak mengalami masa vakum yang berkepanjangan. Sebagai bagian yang membuat dan mengelola konten, humas perlu adanya kerja sama dengan talent khusus seperti mahasiswa profesi kedokteran gigi atau koas dan dokter spesialistik sesuai dengan kebutuhan yang direncanakan. Selain pemilihan talent khusus, pemilihan media sosial juga sangat penting karena melihat kebutuhan masyarakat dalam mencari informasi teng tepat. Maka dari itu, humas menentukan langkah awal atau strategi agar konten berhasil dicerna dan dipublikasikan secara luas. Kata Kunci: Pengembangan konten, perencanaan humas, pemilihan media yang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36508 |
Actions (login required)
View Item |