Farida, Elva Fitri Nur (2024) Strategi Komunikasi Pemasaran Akun Haloca Beauty Melalui Live Pada Tiktok Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000037_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000037_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Latar belakang pada penelitian ini yaitu meningkatnya persaingan bisnis pada bidang kosmetik, mengharuskan pemilik bisnis kosmetik memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya produk Haloca Beauty yang harus menentukan strategi komunikasi pemasaran, yang disebabkan karena penjualan produknya tidak stabil. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis strategi komunikasi pemasaran akun Haloca Beauty melalui live pada tiktok untuk meningkatkan brand awareness. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu bauran pemasaran atau marketing mix. Metode penelitian ini yaitu kualitatif, dengan menggunakan paradigma fenomenologi. Sumber data diperoleh melalui data primer dari hasil wawancara dan observasi, serta data sekunder melalui dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pertama strategi periklanan akun Haloca Beauty pada tiktok untuk meningkatkan brand awareness dilakukan dengan membuat akun Haloca Beauty pada aplikasi tiktok, mengadakan live penjualan, serta memberikan diskon. Kedua strategi promosi penjualan akun Haloca Beauty pada tiktok untuk meningkatkan brand awareness dilakukan dengan menginformasikan manfaat produk ketika live pada tiktok dan memberikan diskon. Ketiga strategi publikasi akun Haloca Beauty pada tiktok untuk meningkatkan brand awareness dilakukan dengan menginformasikan manfaat produk ketika live pada tiktok. Keempat strategi penjualan pribadi akun Haloca Beauty untuk meningkatkan brand awareness melalui marketplace seperti tiktok, shopee, tokopedia serta lazada. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran akun Haloca Beauty melalui live pada tiktok untuk meningkatkan brand awareness dilakukan dengan membuat akun pada tiktok dan mendaftar akun tiktok shop, selanjutnya membuat konten mengenai manfaat produk dan mengadakan live penjualan serta memberikan diskon dan geratis ongkos kirim saat pelaksanaan live penjualan, akan tetapi walaupun sudah diupayakan hal ini, untuk jumlah penonton live dan jumlah penjualan produk peningkatannya belum begitu signifikan. Saran pada penelitian ini direkomendasikan bagi pertama pihak pemilik Haloca Beauty agar lebih meningkatkan kegiatan promosinya, kedua karyawan Haloca Beauty agar lebih memperhatikan pertanyaan konsumen ketika sedang mengadakan live penjualan. Ketiga peneliti selanjutnya, agar melanjutkan penelitian ini lebih kreatif dan inovatif. Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Live, Tiktok, Brand Awarenes
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 03:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36505 |
Actions (login required)
View Item |