PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK @SEAMAKEUP.ID DAN DAYA TARIK INFLUENCER JANES_CS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEA MAKEUP PADA GENERASI Z DI SEMARANG

Ariyani, Dwiky Febrianica (2024) PENGARUH CONTENT MARKETING TIKTOK @SEAMAKEUP.ID DAN DAYA TARIK INFLUENCER JANES_CS TERHADAP MINAT BELI PRODUK SEA MAKEUP PADA GENERASI Z DI SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000033_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

Sea Makeup distribusikan oleh PT Nayue Kosmetik Indonesia yang merupakan merek kosmetik fokus pada produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Pemanfaatan media sosial tiktok menjadi alat pemasaran yang kuat untuk mempromosikan produk dan meningkatkan visibilitas pada brand Sea Makeup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Content Marketing Tiktok @Seamakeup.id dan daya tarik Influencer Janes_Cs terhadap minat beli produk sea makeup pada gen z di Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme. Teori utama yang digunakan pada penelitian ini yaitu Elaborasi Likelihood Model (ELM) Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada 100 responden yang merupakan generasi Z Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji T yang dilakukan pada variabel Content Marketing (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap variabel Minat beli (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 5.100 > 1985. Variabel Daya Tarik Influencer (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y) dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 3.161 > 1.985. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Daya Tarik Influencer berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli (Y). Keterbatasan penelitian ini responden yang digunakan hanya berfokus pada generasi Z yang berdomisili di Semarang, sehingga tidak dapat digeneralisasikan pada generasi Z di daerah lain. Pada penelitian ini hanya menggunakan data dari hasil kuesioner. Pengukuran data menggunakan kuesioner memiliki beberapa kelemahan diantaranya responden tidak dapat memberikan keterangan lebih lanjut karena jawaban terbatas pada hal-hal yang ditanyakan saja. Maka dari itu untuk peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah atau mengganti variabel atau sampel penelitian terkait faktor atau efek lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Teori Elaborasi Likelihood Model (ELM), Content Marketing, Daya Tarik, Minat Beli, Sea Makeup vi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36502

Actions (login required)

View Item View Item