Safitri, Dina (2024) REPRESENTASI BIRRUL WALIDAIN DALAM IKLAN TELKOMSEL EDISI RAMADHAN 1445 H DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000030_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000030_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
Peran penting media sosial, khususnya Youtube berdampak besar pada pembentukan karakter dan perilaku Gen Z, perlunya penekanan bagaimana nilai Islami dalam media, seperti yang ditampilkan dalam iklan Telkomsel Edisi Ramadhan memberikan wawasan dan memperkuat ikatan keluarga dalam konteks sosial yang semakin kompleks salah satunya adalah Birrul Walidain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis dan menjelaskan nilai birrul walidain yang terkandung dalam iklan Telkomsel Edisi Ramadhan 1445 H. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori representasi dan iklan video. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Objek penelitian yang digunakan adalah video iklan Telkomsel Edisi Ramadhan 1445 H, kemudian semiotika sebagai metode analisisnya. Model semiotika yang digunakan dalam penelitian ini adalah model semiotika Charles Sanders Peirce yang terdapat 3 kategori, diantaranya adalah Represetament, Objek dan Interpretant. Hasil dari penelitian, terdapat 7 scene yang merepresentasikan Birrul Walidain, dari 7 scene ini diperoleh 3 kategori bentuk Birrul Walidain, antara lain: (1) Taat kepada perintah orang tua adalah mendengarkan perintahnya (2) Membantu orang tua adalah membantu pekerjaan rumah, membantu finansial keluarga (3) Memuliakan orang tua adalah menghargai jasa orang tua, memberikan perhatian dan empati kepada orang tua. Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah perlu menggabungkan pendekatan semiotika dengan metode lain untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat. Kata Kunci: Semiotika, Birrul Walidain, Ramadhan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36488 |
Actions (login required)
View Item |