Kustiono, Dhylif Alvyan (2024) ANALISIS STRATEGI KREATIF PADA KONTEN YOUTUBE KOPEX GAMING DALAM MEMPERTAHANKAN AUDIENCE DI YOUTUBE. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000027_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000027_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (238kB) |
Abstract
Kopex Gaming merupakan salah satu konten kreator yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk mempublikasi konten-kontenya dan mendapat penghasilan. Akun YouTube Kopex Gaming mempunyai strategi kreaif untuk mengelola konten-kontenya dengan tujuan mendapat audiens dan mempertahakan audiensnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi kreatif dalam mengelola konten YouTube Kopex Gaming untuk mempertahankan audiance di kanal YouTubenya. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan data primer diperoleh melalui hasil wawancara mendalam dengan informan yaitu pemilik kanal YouTube Kopex Gaming bernama Yassir Arafat serta data sekunder diperoleh melalui dokumen, buku, dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori model Strategi Kreatif menurut Rusman Latief. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Berdasarkan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan teori strategi kreatif menurut Rusman Latief, ditemukan bahwa Kopex Gaming berhasil mempertahankan audiensnya melalui beberapa strategi utama. Kopex Gaming mengikuti tren untuk menarik audiens baru, menciptakan ide konten yang relevan dengan algoritma YouTube saat pembuatan konten. Pendekatan ini memungkinkan Kopex Gaming menjangkau pasar yang lebih besar melalui konten viral. Dalam pengembangan konten, Kopex Gaming mengadopsi pendekatan kreatif dengan memodifikasi ide dari YouTuber lain. Metode brainstorming, SKAMPER, digunakan untuk menghasilkan dan menggabungkan ide-ide baru guna mengatasi tantangan menurunnya jumlah penonton dan memastikan konten tetap menarik bagi audiens baru maupun yang sudah ada. Keterbatasan dalam penelitian ini terletak pada jumlah informan yang mungkin tidak mencakup variasi yang lebih luas dari pemahaman dan respon terhadap strategi kreatif dari Kopex Gaming. Kemudian penelitian ini hanya berfokus pada media sosial YouTube, serta jangka waktu yang dilakukan dalam penelitian ini sehingga tidak mencakup perubahan atau perkembangan lebih lanjut dari strategi kreatif Kopex Gaming. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan melibatkan lebih banyak informan dengan latar belakang yang lebih beragam serta dilakukan dengan jangka panjang untuk mendapatkan gambaran yang lebih bervariasi tentang strategi kreatif dalam pengelolaan konten kanal YouTube serta memberikan wawasan yang lebih dalam tentang keberlanjutan dan efek jangka panjang dari strategi kreatif pengelolaan konten Kopex Gaming dalam mempertahankan audiens. Kata kunci: Pengelolaan Konten, YouTube, Strategi Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 01:25 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36479 |
Actions (login required)
View Item |