ALTARIQH, MUHAMMAD FARHAD (2024) GENERIC SKILL MELALUI DIGITAL COMPETENCE FRAMEWORK 2.1 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNISSULA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000083_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000083_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan generic skill Mahasiswa PAI Unissula menurut Digital Competence Framework 2.1. Pertanyaan yang akan dijawab dalam penelitian ini antara lain bagaimana kemampuan generic skill Mahasiswa PAI Unissula menurut Digital Competence Framework 2.1. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi PAI Unissula yang berjumlah 61 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. proses sistematis untuk mengubah, membersihkan, menginterpretasikan, dan menyajikan data menjadi informasi yang bermakna. Adapun generic skill yang dikaji dalam penelitian ini adalah literasi digital, berpikir kreatif dan berpikir kritis dan analitis. Hal ini diujikan untuk dikaitkan dengan kompetensi yang terdapat pada Digital Competence Framework 2.1. kompetensi-kompetensi yang dimaksud adalah literasi data, komunikasi dan kolaborasi, konten, keamanan serta kompetensi Critical thinking problem solving. Hasil dalam penelitian ini yaitu mahasiswa PAI Unissula menguasai kemampuan Critical Thinking Problem Solving dengan nilai 59,63% dalam kategori baik. Namun mahasiswa PAI Unissula memiliki kelemahan dalam penguasaan kemampuan literasi digital. Kata Kunci : Digital Competence Framework; Mahasiswa; Generic Skill
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:06 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36291 |
Actions (login required)
View Item |