STRATEGI PERSONAL BRANDING AGANTA RAMADANU DALAM MENCIPTAKAN DAYA TARIK FOLLOWERS MELALUI KOMEDI PADA AKUN TIKTOK @INIGANTA

Primasari, Ayu Novita (2024) STRATEGI PERSONAL BRANDING AGANTA RAMADANU DALAM MENCIPTAKAN DAYA TARIK FOLLOWERS MELALUI KOMEDI PADA AKUN TIKTOK @INIGANTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000022_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Akun TikTok @iniganta yang dimiliki oleh Aganta Ramadanu adalah salah satu konten kreator yang sukses membangun personal Personal branding sebagai pribadi yang ceria dan unik. Dalam akun TikTok miliknya berisikan konten hiburan lebih tepatnya konten komedi. Konten komedi yang di suguhkan oleh Ganta ini adalah konten komedi yang baru dan sangat melekat dengan Ganta. Penelitian ini membahas mengenai Teori The Eight Laws Of Personal branding milik Peter Montaya berperan penting dalam pembentukan Personal branding Ganta pada akun TikToknya yang menciptakan daya tarik melalui komedi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggambarkan Teori The Eight Laws Of Personal branding milik Peter Montaya dalam pembentukan suatu Personal branding yang sukses dari konten kreator Ganta pada akun TikTok. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan paradigma Konstruktivisme. Teori yang digunakan peneliti adalah Teori The Eight Laws Of Personal branding milik Peter Montaya dan juga konsep New Media. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan studi Pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dilihat dari hasil observasi akun TikTok @iniganta yang dilakukan peneliti dan studi pustaka berupa tangkapan layar dari akun lain yang masih memiliki sangkut paut dengan objek penelitian guna menunjang infomasi yang diperlukan peneliti. Dari observasi yang telah dilakukan peneliti, diketahui bahwa akun TikTok @iniganta telah berhasil sesuai dengan teori membangun Personal branding milik Peter Montaya. Ada delapan point yang dikemukakan Peter Montaya pada teori The Eight Laws Of Personal branding, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Dari delapan poin ini Ganta mampu menjalankan kedelapan point dengan baik. Sehingga Personal branding yang tercipta pun menjadi maksimal. Khalayak terarik dengan Personal branding yang Ganta buat, yang mana itu tandanya daya tarik followers melalui komedi berhasil dicapai oleh Ganta. Peneliti memiliki keterbatasan akses untuk wawancara dengan Ganta secara langsung, hal ini membuat data yang diperoleh sulit dikembangkan dan sangat terpaku dengan teori yang digunakan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan metode wawancara sebagai metode dalam mengumpulkan data. Kata Kunci : Personal branding, The Eight Laws Of Personal branding, Peter Montaya, Komedi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36290

Actions (login required)

View Item View Item