PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 KOTA SEMARANG

RAMADHANI, MAGHFIRAH (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000075_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000075_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam Sultan Agung 4 Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang artinya hasil penelitian berupa deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Berdasarkan kesesuaian implementasi peran guru pendidikan agama Islam di sekolah diperlihatkan dengan adanya pembelajaran mengenai keimanan dan ketaqwaan dalam membangun pembangunan nasional serta pendidikan yang baik. Berdasarkan daya tarik, untuk meningkatkan gairah minat belajar siswa, maka guru harus bisa memberikan suasana kelas yang tanpa dinamis dengan demikian guru PAI harus selalu memberikan motivasi kepada setiap siswanya agar terjadi perubahan energi pada setiap siswa. Pemberian motivasi dari guru bisa berupa motivasi nilai, hadiah ataupun pujian. Berdasarkan efektivitas, guru sangat berperan mengemban tugas utamanya dalam mendidik dan mengajar tugas utama seorang guru adalah mencangkup merancang melaksanakan dan menilai suatu pembelajaran supaya mutu pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik. Proses belajar yang efektif yaitu melaksanakan seluruh aktivitas dan semua rancangan menghadiri kegiatan awal hingga kegiatan akhir secara keseluruhan. Berdasarkan efisiensi, proses pembelajaran PAI yang efisien adalah suatu pembelajaran yang dapat tercapai dengan baik secara efisien dari segi waktu maupun kualitas belajarnya. Belajar yang efisien disajikan secara menyenangkan dan mengikuti perkembangan zaman sehingga hal ini akan disesuaikan dengan minat bakat serta perkembangan pisikolog. Berdasarkan produktivitas, guru pendidikan agama Islam di SMP Islam empat sultan Agung selalu berinovasi dengan adanya pengumpulan ide di setiap sub bab yang akan disampaikan . Kata kunci : Peran guru, Mutu Pembelajaran, Sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36288

Actions (login required)

View Item View Item