Implementasi Workshop Wartawan Tahunan Sebagai Strategi Media Relations Corporate Communication PT United Tractors Tbk

Rahmah, Arvinda Anjani (2024) Implementasi Workshop Wartawan Tahunan Sebagai Strategi Media Relations Corporate Communication PT United Tractors Tbk. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000020_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya implementasi strategi media relations PT United Tractors Tbk dalam acara Workshop Wartawan Tahunan 2023. Implementasi strategi media relations ini bertujuan untuk membangun hubungan baik antara PIC (person in charge) komunikasi PT United Tractors Tbk dengan para rekan media atau jurnalis. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana implementasi workshop wartawan tahunan sebagai strategi media relation corporate communication PT United Tractors Tbk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi workshop wartawan tahunan sebagai strategi media relation corporate communication PT United Tractors Tbk. Strategi media relations ini dirumuskan dengan tepat sesuai dengan acara yang terselenggara. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan melakukan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Dalam menganalisa data digunakan metode analisis deskriptif data kualitatif oleh Denzim dan Lincoln. Paradigma yang dipakai adalah paradigma konstruktivisme yang melibatkan peneliti dalam interaksi dengan pihak corporate communication PT United Tractors Tbk. Teori yang menjadi landasan penelitian ini adalah teori strategi media relation yang merujuk pada definisi Sholeh Sumirat dan Teori Excellence yang merujuk pada definisi Grunig dan Hunt. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa workshop acara tahunan berhasil menjadi strategi media relation PT United Tractors Tbk untuk menjalin hubungan baik dengan media melalui 6 strategi yakni By Serving the Media, By Establishing for Reability, By Supplying Good Copy, By Cooperation in Providing Material, By Providing Verification Facilities dan By Building Personal Relatioship with The Media. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah peneliti hanya menetapkan 3 informan utama dan tidak ada informan tambahan. Selain itu, keterbatasan lain adalah penggunaan teori excellence sebagai satu-satunya kerangka teori untuk membatasi masalah yang diteliti. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya untuk memperluas cakupan teori yang digunakan. Hal ini pernting supaya memperoleh pemahaman yang lebih menyeluruh dan mendalam tentang topik yang diteliti. Kata kunci : Strategi media relation, workshop wartawan, public relations, media, corporate communication

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 01:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36287

Actions (login required)

View Item View Item