KHOTIMAH, KHUSNUL (2024) RESPON GURU PAI TERHADAP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA GURU DI MA SE-KECAMATAN BONANG DEMAK. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000066_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31502000066_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
Abstract
Kurikulum Merdeka merupakan kebijakan baru yang telah mendapat berbagai respon, dari pro sampai kontra dari berbagai Lembaga Pendidikan dan orangorang yang berkecimpung dalam dunia Pendidikan. Penelitian ini membahas tentang respon guru PAI terhadap implementasi kurikulum Merdeka dan implikasinya pada kinerja guru di MA se-kecamatan Bonang Demak. Penelitian ini dilakukan dilokasi tersebut dikarenakan mayoritas sekolah sudah menerapkan kurikulum Merdeka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon guru PAI setelah dilakukanya perubahan kurikulum dan pengaruhnya terhadap kinerja guru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif deskriptif dalam bentuk regresi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan uji deskriptif, uji asumsi klasik berupa uji normalitas dan uji linearitas, dan uji hipotesis berupa uji regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan uji t. Berdasarkan hasil uji empiris disimpulkan bahwa respon guru PAI terhadap implementasi kurikulum Merdeka dan implikasinya pada kinerja guru. Hubungan antara kedua variabel bersifat signifikan namun Respon guru PAI cenderung kurang optimal terhadap kinerja yang dilakukan. Kata Kunci : Respon, Guru PAI, Implementasi, Kurikulum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:22 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36286 |
Actions (login required)
View Item |