Maharani, Anisa Rizki (2024) PENGARUH STRATEGI LIVE MUSIC DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP LOYALITAS PENGUNJUNG PADA CAFÉ TALK COFFEE & EATERY KENDAL. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000018_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000018_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin banyaknya kafe yang mengadopsi strategi Live Music sebagai bagian dari upaya menarik dan mempertahankan pelanggan, bahkan di kota kabupaten seperti Kendal. Salah satunya adalah Café Talk Coffee and Eatery Kendal, yang menggunakan konsep family dengan hiburan Live Music mingguan dan strategi Word of Mouth (WOM) untuk meningkatkan loyalitas pengunjung. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh strategi Live Music Dan Word of Mouth (WOM) terhadap Loyalitas Pengunjung di Cafe Talk Coffee & Eatery Kendal, dengan menggunakan teori AIDA. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner dan data sekunder dari studi kepustakaan. Data primer dikumpulkan menggunakan teknik accidental sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, yaitu pengunjung Café Talk Coffee and Eatery Kendal. Analisis data dilakukan menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Live Music dan Word of Mouth (WOM) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pengunjung masyarakat Kendal di Cafe Talk Coffee & Eatery Kendal, dengan nilai Sig. <0,05 dan koefisien determinasi sebesar 0,465 yang menyatakan pengaruh X1 dan X2 secara bersama-sama terhadap Y berada pada kategori sedang. Maka, dapat disimpulkan bahwa kedua strategi tersebut berkontribusi secara signifikan dalam meningkatkan loyalitas pengunjung. Penelitian ini memiliki keterbatasan, terutama dalam pengumpulan data melalui kuesioner, di mana responden terkadang tidak memberikan jawaban yang sesuai dengan pendapat mereka sebenarnya. Hal ini dapat disebabkan oleh perbedaan pemahaman dan juga suasana hati responden atau faktor lain seperti kejujuran dalam mengisi kuesioner. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti variabel lain yang dapat mempengaruhi loyalitas pengunjung, seperti berbagai strategi promosi pemasaran, interior cafe, variasi menu, dan faktor-faktor lain yang relevan. Dengan mengkaji aspek-aspek ini, penelitian selanjutnya dapat memperbarui pemahaman dalam bidang penelitian sejenis, sehingga memungkinkan pengembangan strategi yang lebih efektif untuk meningkatkan loyalitas pengunjung di berbagai konteks. Kata Kunci: Live Music, Word of Mouth (WOM), Loyalitas Pengunjung, Café, AIDA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 02:05 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36281 |
Actions (login required)
View Item |