IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs INFARUL GHOY SEMARANG

PRATAMA, BINTANG SYUKRAN (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs INFARUL GHOY SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000033_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31502000033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran fiqih, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran fikih di Mts Infarul Ghoy Semarang, Serta bagaimana upaya guru dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada pembelajaran di Mts Infarul Ghoy, pada peroses pengembangan siswa melalui penerapan pendekatan saintifik serta dampak penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran fiqih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskritif dengan memilih lokasi di MTs Infarul Ghoy Semarang. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru fiqih kelas VIII dan IX. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data secara intraktif dengan melakukan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan sedangkan teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan tringgulasi sumber. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Fiqih untuk siswa sudah cukup baik. Terlihat dari keaktifan, kerjasama dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Meskipun masih terdapat hambatan hambatan ketika proses pembelajaran berlangsung seperti kurangnya sarana media tambahan, tetapi pembelajaran Fiqih dengan menggunakan pendekatan saintifik tetap berjalan lancar. Sehingga proses pengembangan pada siswa khususnya dalam pengembangan social skill siswa dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama sehingga peserta didik semangat dalam proses pembelajaran Fiqih. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Siswa Mts, Pelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Nov 2024 02:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36280

Actions (login required)

View Item View Item