RAMADHANTI, DEVY HIDAYATU RIZKA KUN (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KEGIATAN KEAGAMAAN PESERTA DIDIK DI MTS NU MRANGGEN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900035_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Agama Islam_31501900035_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam (PAI) dalam membina kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU Mranggen, untuk mendiskripsikan bagaiaman perencanaan kegiatan keagamaan peserta didik di MTs NU Mranggen, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran guru pendidikan agama (PAI) dalam membina kegiatan keagamaan di Mts NU Mranggen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian kualitatif diperoleh melalui wawamcara, observasi,dan dokumentasi. Peneliti menggunakan penerapan metode triangulasi yaitu bentuk pengecekkan data sumber yang variatif, baik secara tahapan dan waktu. Peneliti menggunakan 2 teknik triangulasi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjuukan 1) Berbagai strategi dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti metode langsung, tidak langsung, interaktif, dan mandiri, menawarkan kekuatan dan tantangan berbeda. Strategi langsung menyampaikan informasi secara terstruktur, sementara strategi tidak langsung dan interaktif mendukung eksplorasi dan keterlibatan siswa. Strategi mandiri memperkuat kemandirian siswa. Kombinasi strategi ini menciptakan lingkungan pembelajaran yang dinamis, tetapi memerlukan evaluasi dan penyesuaian untuk efektivitas yang optimal. 2) Kegiatan keagamaan di MTs NU Mranggen, baik wajib maupun ekstra kurikuler, mengintegrasikan nilai-nilai agama untuk membentuk karakter dan spiritualitas siswa. Selain pembelajaran formal, aktivitas seperti doa pagi, shalat berjamaah, dan tadarus Al-Qur’an memperkuat praktik agama sehari-hari. Kegiatan ekstra kurikuler, seperti pelatihan shalat dan tilawatil Qur'an, menambah dimensi pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk memastikan pencapaian akademis dan perkembangan karakter siswa. 3) Faktor pendukung dalam strategi pembelajaran PAI di MTs NU Mranggen meliputi dukungan manajemen sekolah, motivasi siswa, dan dukungan orang tua. Faktor penghambat termasuk keterbatasan waktu, sumber daya, dan resistensi terhadap metode tertentu. Untuk meningkatkan efektivitas, perlu mengatasi kendala ini dengan menyediakan sumber daya yang memadai dan mengelola waktu dengan baik. Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Kegiatan Keagamaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 06:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36264 |
Actions (login required)
View Item |