ANALISIS RESEPSI MAHASISWA TERHADAP KAMPANYE KEBERSIHAN LINGKUNGAN YANG DITAMPILKAN MELALUI VIDEO DALAM AKUN INSTAGRAM @Pandawaragroup

Novanto, Alfian Yudho (2024) ANALISIS RESEPSI MAHASISWA TERHADAP KAMPANYE KEBERSIHAN LINGKUNGAN YANG DITAMPILKAN MELALUI VIDEO DALAM AKUN INSTAGRAM @Pandawaragroup. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000012_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

@pandawaragroup merupakan salah satu akun Instagram yang memanfaatkan media sosial sebagai platform untuk melakukan kegiatan kampanye kebersihan lingkungan. Akun Instagram @pandawaragroup mempunyai kampanye yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana resepsi mahasiswa terhadap kampanye kebersihan lingkungan yang ditampilkan melalui video dalam akun instagram @pandawaragroup. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan data primer diperoleh melalui hasil wawancara mendalam dengan para informan serta data sekunder diperoleh melalui dokumen, buku, dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan teori analisis resepsi menurut Stuart Hall. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empat informan dalam penelitian ini termasuk kedalam tipe penerimaan Dominant Position dan satu informan termasuk kedalam tipe penerimaan Negotiated Position. Kampanye kebersihan lingkungan yang dilakukan oleh @pandawaragroup di Instagram menunjukkan proses encoding dan decoding memiliki pengaruh signifikan terhadap pemahaman dan pemaknaan sebuah pesan oleh khalayak. Serta kampanye dari @Pandawaragroup dapat menumbuhkan kesadaran, mendukung tujuan, dan mendorong tindakan dari khalayak untuk menjaga kebersihan lingkungan. Keterbatasan dalam penelitian ini terletak pada jumlah informan yang mungkin tidak mencakup variasi yang lebih luas dari pemahaman dan respon terhadap kampannye dari @pandawaragroup. Kemudian penelitian ini hanya berfokus pada media sosial Instagram, serta jangka waktu yang dilakukan dalam penelitian ini sehingga tidak mencakup perubahan atau perkembangan lebih lanjut dari kampanye kebersihan lingkungan dari @pandawaragroup. Kemudian untuk penelitian selanjutnya diharapkan melibatkan lebih banyak informan dengan latar belakang yang lebih beragam serta dilakukan dengan jangka panjang untuk mendapatkan gambaran yang lebih bervariasi tentang resepsi khalayak terhadap kampanye kebersihan lingkungan serta memberikan wawasan yang lebih dalam tentang keberlanjutan dan efek jangka panjang dari kampanye tersebut. Kata kunci: Kampanye, Instagram, Analisis Resepsi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item