Yasin, Afidan Aenun (2024) ANALISIS RESEPSI ETIKA BERIKLAN DALAM KONTEN TIKTOK @PRAZTEGUH BLIND TEST CHALLENGE AIR MINUM DALAM KEMASAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000007_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000007_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
Abstract
Di tengah persaingan yang ketat di pasar air minum dalam kemasan, perusahaan menghadapi tantangan untuk menciptakan konten iklan yang tidak hanya menarik namun juga etis. Konten iklan Blind Test Challenge yang diunggah oleh akun TikTok @prazteguh menjadi contoh bagaimana metode iklan yang inovatif dapat menimbulkan pertanyaan mengenai standar etika dalam pemasaran. Meskipun iklan ini dirancang untuk menarik perhatian melalui pendekatan kreatif namun memunculkan pertanyaan penting mengenai etika beriklan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana resepsi khalayak terhadap etika dalam konten iklan TikTok @prazteguh blind test challenge air minum dalam kemasan. Penelitian ini menggunakan perspektif teori resepsi Stuart Hall untuk memandang bahwa khalayak mampu secara selektif menafsirkan pesan berdasarkan latar belakang sosial dan budaya mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beragam interpretasi etika iklan di kalangan khalayak, mulai dari penerimaan hingga penolakan. Secara signifikan hasil penelitian ini adalah mayoritas berada pada posisi oposisi dalam menilai iklan tersebut, ini menunjukkan adanya aspek kritis yang berkaitan dengan etika dalam iklan tersebut dan penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar aspek yang dinilai, informan merasa bahwa iklan tersebut terdapat ketidaksesuaian dengan etika yang mereka pegang. Keterbatasan penelitian ini mencakup sampel yang relatif kecil dan keterbatasan generalisasi temuan sehingga tidak dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif. Kedua adalah interpretasi subjektif peneliti yang bisa menjadi potensi bias. Terakhir adalah keterbatasan waktu dan sumber daya yang tersedia membatasi cakupan penelitian dan kedalaman analisis. Kata Kunci : Blind Test Challenge, Etika, Analisis Resepsi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36257 |
Actions (login required)
View Item |