EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM PAKET C MATA PELAJARAN PAI DI PKBM ARROHMAH MRANGGEN

SOLIKHIN, MUHAMMAD FUAD ZAINUS (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PROGRAM PAKET C MATA PELAJARAN PAI DI PKBM ARROHMAH MRANGGEN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700085_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Agama Islam_31501700085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan bagaimana gambaran terkait manfaat dari penggunaan model pembelajaran blended learning terhadap motisai belajar peserta didik pada program Paket C di Lembaga PKBM Ar Rohmah Mranggen Demak. Penelitian ini dilakuakn di lembaga PKBM Ar Rohmah Mranggen karena banyak sekali peserta didik yang aktif dan semangat dalam menjalankan proses pembelajaran, mengingat dari seluruh peserta didik yang ada di PKBM Ar Rohmah Mranggen hampir 90% merupakan pekerja. Hal itu yang menjadikan ketertarikan peneliti untuk melakukan penelitian pada lembaga PKBM Ar Rohmah Mranggen dengan jumlah Peserta didik 130. Tujuan daripada penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik paket C di PKBM Arrohmah. 2. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran blended learning pada paket C mata pelajaran PAI di PKBM Arrohmah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi di sekolah. Kemudian melakukan wawancara dengan informan atau narasumber terkait pada objek penelitian ini, dan juga dokumentasi. Hasil dari penelitian tentang manfaat model belajar Blended Learnig efektif. mengingat model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang fleksibel dan cocok untuk para peserta didik yang sedang terikan kontrak dalam pekerjaan. Kata Kunci: Motivasi, Blended Learning, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 18 Nov 2024 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36254

Actions (login required)

View Item View Item