Sari, Nurlaela (2024) PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL PADA AKUN INSTAGRAM @ALFAMART_PROMOREMBANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000004_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000004_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah fenomena internet dan jejaring sosial di Indonesia saat ini dimanfaatkan dengan munculnya berbagai peluang bisnis. Namun, terjadi penurunan penjualan di bulan februari untuk promo yang ada di alfamart branch Rembang. Untuk mengatasi hal tersebut alfamart branch Rembang melakukan strategi promosi digital melalui instagram. Sehingga dibutuhkannya digitalisasi penjualan produk, agar konsumen dapat mengenal dan melakukan pembelian produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital pada akun instagram @alfamart_promorembang. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Dalam melakukan analisis pemanfaatan instagram dengan menggunakan model sostac dan teori uses and gratification untuk analisis data dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan model sostac dan teori uses and gratification, instagram @alfamart_promorembang digunakan sebagai alat pemasaran digital. Dimulai dengan analisis situasi untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Tujuan jangka panjang adalah meningkatkan engagement konten sehingga lebih banyak konsumen mengetahui promo baru. Strategi pemasaran mencakup segmentasi pasar, targeting konten, dan positioning akun dengan taktik seperti pembuatan konten reels, penggunaan tautan promo, serta alat bantu seperti capcut dan canva. Diikuti oleh action rencana kerja terstruktur dan control pengukuran efektivitas melalui fitur insight instagram. Motif penggunaan sosial media instagram pada akun @alfamart_promorembang yakni konsumen termasuk khalayak aktif dan motif sebagai media informasi promo-promo yang ada di alfamart. Kepuasan konsumen termasuk dalam gratification sought yakni informasi yang diberikan sangat bermanfaat dan relevan. Kesimpulannya adalah dalam penggunaan instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital membawa dampak peningkatan penjualan pada pembelanjaan secara online yakni melalui aplikasi alfagift. Keterbatasan penelitian ini adalah keterbatasan data yang digunakan dalam penelitian ini membuat hasil kurang maksimal karena perizinan perusahaan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah dapat melakukan studi komparatif antara instagram dan media sosial lainnya seperti facebook, twitter, dan tiktok untuk mengetahui platform mana yang paling efektif dalam meningkatkan engagement dan penjualan. Kata Kunci : Pemanfaatan, Komunikasi pemasaran, Komunikasi Pemasaran Digital, Instagram, Teori Sostac.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36253 |
Actions (login required)
View Item |