ANALISIS RESEPSI ISI PESAN IKLAN POLITIK PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) DI YOUTUBE PADA PEMILIH PEMULA DI PERGURUAN TINGGI KOTA SEMARANG

Ulumuddin, Moh (2024) ANALISIS RESEPSI ISI PESAN IKLAN POLITIK PARTAI AMANAT NASIONAL (PAN) DI YOUTUBE PADA PEMILIH PEMULA DI PERGURUAN TINGGI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000001_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32802000001_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Partai Amanat Nasional kini sudah menginjak usia 25 tahun. Selama perjalanannya PAN sudah melewati banyak moment bersejarah dalam kancah politik Tanah Air Sejak kemunculannya pada 1998, PAN banyak menarik hati masyarakat karena membawa visi reformasi. Iklan politik Partai PAN ini dirilis 9 mei dengan durasi 31 detik. viewers dari iklan politik PAN sudah 320.793 kali ditonton di akun sosial media YouTube 5 PAN tv dengan Subscriber 10,8 ribu. Adapun tujuan untuk mengetahui resepsi isi pesan iklan politik partai PAN di YouTube pada pemilih pemula di perguruan tinggi Kota Semarang. Paradigma yang digunakan adalah paradigma Konstruktivis dan dengan metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Resepsi Stuart Hall. Sedangkan teknik sampel yang peneliti gunakan adalah metode purposive sampling dimana peneliti memilih informan pemilih pemula di perguruan tinggi kota Semarang tertuju pada mahasiswa yang berumur 17 – 21 tahun, umur tersebut merupakan umur pemilih pemula dalam pemilu 5 tahun kebelakang. Analisis data yang digunakan adalah dengan cara Reduksi yaitu dengan memilih pokok informasi yang relevan serta dengan cara Penarikan Kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan mengenai isi pesan iklan politik yang disampaikan, pemilih pemula tidak merasa terpengaruh terhadap iklan tersebut dalam memilih partai, namun pesan moral maupun ketertarikan dalam politik tersebut sudah mempengaruhi khalayak sehingga dapat dikatakan bahwasannya iklan politik tersebut cocok untuk ditayangkan. Bagian terpentingnya dimana sebuah iklan politik partai politik seharusnya lebih condong memperkenalkan partai tersebut dan memberikan informasi mengenai pihak-pihak yang bersangkutan dengan politik dalam pemilu supaya khalayak lebih mengenal pihak-pihak tersebut untuk menjadi bahan pertimbangan mengenai prestasi ataupun kemampuan dalam menjadi pemimpin yang layak untuk dipilih Kata Kunci : Analisis Resepsi, Pesan Iklan, Partai Amanat Nasional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Nov 2024 06:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/36251

Actions (login required)

View Item View Item