PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP BAHAYA SEKS PRANIKAH DENGAN METODE MIND MAPPING PADA REMAJA AWAL DI SMPN 20 SEMARANG

Pirawati, Pirawati (2015) PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP BAHAYA SEKS PRANIKAH DENGAN METODE MIND MAPPING PADA REMAJA AWAL DI SMPN 20 SEMARANG. Undergraduate thesis, Fakultas Ilmu Keperawatan UNISSULA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Remaja dalam pertumbuhan dan perkembangannya merupakan kelompok beresiko terhadap masalah kesehatan, salah satunya perilaku seks pranikah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap bahaya seks pranikah dengan metode mind mapping pada remaja awal di SMPN20 Semarang. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental design dengan desain one group pre test posttest. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh sampel sebesar 74 sampel. Data diolah dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukkan ada perubahan pengetahuan tentang bahaya seks pranikah dengan metode mind mapping pada remaja awal di SMPN 20 Semarang dengan nilai p= 0.000. Ada perubahan sikap tentang bahaya seks pranikah dengan metode mind mapping pada remaja awal di SMPN20 Semarang dengan nilai p= 0.000. Simpulan: Dari hasil uji penelitian tersebut secara statistik didapatkan adanya perubahan pengetahuan dan sikap bahaya seks pranikah dengan metode mind mapping pada remaja awal di SMPN20 Semarang. Kata Kunci: Pendidikan kesehatan, metode mind mapping, Pengetahuan, Sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Users 725 not found.
Date Deposited: 19 Feb 2016 07:29
Last Modified: 19 Feb 2016 07:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item