Penyelesaian Kasus Vehicle Routing Problem (VRP) Dengan Metode Nearest Neighbour Untuk Optimalisasi Distribusi Di Cv Jatimas

Azmi, Ahdan Zaky Tsasbitul (2024) Penyelesaian Kasus Vehicle Routing Problem (VRP) Dengan Metode Nearest Neighbour Untuk Optimalisasi Distribusi Di Cv Jatimas. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602000015_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31602000015_pernyataan_publikasi.pdf

Download (108kB)

Abstract

CV Jatimas, distributor bumbu tabur merek Antaka di wilayah kota dan kabupaten Tegal, mengirimkan produknya kepada 57 pelanggan. Dalam sehari, mereka dapat mengirimkan hingga 300 boks perhari menggunakan mobil boks Isuzu Traga dengan kapasitas maksimal 100 boks per mobil. CV Jatimas memiliki 3 armada untuk pengiriman. Saat ini, kebijakan pengiriman didasarkan pada surat perintah pengiriman yang dikeluarkan oleh admin sesuai jadwal perusahaan, dengan pengiriman setiap lima hari kerja per minggu. Namun, prioritas pengiriman lebih tinggi untuk pelanggan yang membayar tunai daripada dengan kartu kredit, yang menyebabkan jalur pengiriman menjadi tidak teratur. Supir dan kernet hanya diberitahu bahwa barang harus dikirim sesuai jadwal tanpa aturan rute yang akan dilewati. Akibatnya, beberapa toko yang seharusnya menjadi tujuan pengiriman terlewatkan. Pelanggan dapat menerima barang yang mereka pesan dari pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Data awal perusahaan dengan total jarak sebesar 708,4 km, waktu tempuh sebesar 1545 menit dan biaya ditribusi sebesar Rp 802.617. Pada penelitian ini peneliti menggunakan beberapa metode untuk menyelesaikan permasalahan Vehicle Routing Problem With Time Windows (VRP-TW) untuk menentukan pengelompokan rute dengan mencari nilai matriks penghematan (Saving Matrix) terbesar dan metode Nearest Neighbor (tetangga terdekat) untuk menentukan urutan pengiriman berdasarkan jarak terdekat dari gudang. Pada penelitian ini maka peneliti menggunakan metode Saving Matrix, untuk mencari matriks penghematan dan metode Nearest Neighbor untuk mengurutkan rute pengiriman dan berdasarkan matriks waktu didapatkan hasil dengan ketentuan pengiriman sekali dalam 5 hari kerja perminggu berdasarkan matriks jarak mendapatkan hasil total jarak sebesar 492,8 km dengan penghematan sebesar 215,6 km nilai persentase sebesar 30%, Waktu tempuh selama 1038 menit dengan penghematan sebesar 507 menit dan nilai persentase sebesar 33% dan biaya distribusi sebesar Rp 558.342 dengan penghematan Rp 244.274 dan persentase sebesar 30% dibandingan dengan penentuan rute perusahaan saat ini dengan total jarak sebesar 708,4 Km, Waktu tempuh selama 1545 Menit dengan biaya distribusi sebesar Rp 802.617. Hal ini membuktikan bahwa metode Saving Matrix dan Nearest Neighbor berdasarkan saving waktu dapat menyelesaikan permasalahan vehicle routing problem yang terjadi di CV Jatimas dengan penghematan jarak tempuh sebesar 460,8 km dengan penghematan sebesar 247,6 km nilai persentase sebesar 35% Waktu tempuh selama 1012 menit dengan penghematan sebesar 533 dan nilai persentase sebesar 34% dan biaya distribusi sebesar Rp 522.086 dengan penghematan Rp 280.530 dan persentase sebesar 35% Bahwa pada penelitian ini penentuan rute berdasarkan saving waktu lebih optimal dibandingkan penentuan rute berdasarkan saving jarak. Peneliti menyarankan agar perusahaan CV Jatimas dapat menggunakan metode tersebut untuk menyelesaikan permasalahan VRP dan apabila terjadi penambahan pesanan maka perlu dilakukan penyesuaian rute distribusi dengan memperhatikan time windows dan kapasitas kendaraan. Kata kunci : Biaya Distribusi, Nearest Neighbor, Rute distribusi, Time windows, Vehicle routing problem

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 23 Oct 2024 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35597

Actions (login required)

View Item View Item