EFEKTIFITAS PENETAPAN PETA PROSES BISNIS TERHADAP PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK

HERMANTO, EDY (2024) EFEKTIFITAS PENETAPAN PETA PROSES BISNIS TERHADAP PENCEGAHAN MALADMINISTRASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200353_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200353_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mengetahui dan menganalisa efektifitas penetapan peta proses bisnis terhadap pencegahan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Perundang-Undangan (Statute Approach) Pendekatan dalam penelitian hukum yang pertama adalah pendekatan perundang-undangan. Pada penyusunan penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian hukum yuridis normatif. Yang dimaksud penelitian yuridis adalah dengan melihat aspek-aspek hukum yang berdasarkan pada peraturan perundang-undangan, sedangkan penelitian normatif adalah suatu penelitian di bidang hukum untuk menemukan aturan-aturan hukum, serta doktrin-doktrin hukum guna menjawab isu hukum yang ada. Hasil penelitian ini adalah peta proses bisnis berfungsi sebagai acuan instansi pemerintah dalam pelaksanaan tugas dan fungsi secara efektif dan efisien disamping itu menjadi aset pengetahuan yang mengintegrasikan dan mendokumentasikan secara rinci mengenai proses bisnis yang dilakukan untuk mencapai visi, misi, dan tujuan yang menjadi dasar pengambilan keputusan strategis terkait pengembangan organisasi dan sumber daya manusia. Dalam prakteknya kegiatan pemerintahan khususnya yang menyangkut pelayanan public dinilai Masyarakat masih lambat, berbelit-belit dan tidak sesuai prosedur yang disebut dengan maladministrasi. Pelayanan publik yang prima sebagai tujuan akhir dari kegiatan pemerintahan tidak semata-mata berpedoman pada standar pelayanan saja, Masih ada proses bisnis yang seharusnya dipedomani dalam pelaksanaan tugas dan fungsi maupun pelaksanaan layanan public sekaligus sebagai acuan dalam penetapan standar pelayanan. Kata Kunci: Peta Proses Bisnis; Maldministrasi; Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 22 Oct 2024 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35564

Actions (login required)

View Item View Item