ANALISIS YURIDIS DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM PERSPEKTIF KEADILAN RESTORATIF (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Klaten)

PARLINDUNGAN, TUMPAL MARULITUA YOSEP (2024) ANALISIS YURIDIS DIVERSI TERHADAP ANAK YANG BERHADAPAN DENGAN HUKUM DALAM PERSPEKTIF KEADILAN RESTORATIF (Studi Kasus Kejaksaan Negeri Klaten). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200282_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200282_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Dalam hal tindak pidana ringan maupun tindak pidana yang dilakukan oleh orang yang belum dewasa atau anak, sepatutnya penyelesaian tindak pidana harus mementingkan dan memberi ruang terhadap korban maupun pelaku tindak pidana, dengan banyaknya penyelesaian tindak pidana yang mengenyampingkan pendekatan Restorative Justice menimbulkan banyak ketidakpuasaan bahkan kekecewaan dalam bermasyarakat. Pendekatan kesejahteraan dijadikan sebagai dasar filosofis penanganan terhadap pelaku pelanggaran hukum usia anak, dalam hal demikian maka konsep diversi dalam perspektif restorative justice tentunya menjadi solusi perlindungan terhadap anak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, dengan spesifikasi penilitian deskriptif analitis. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari sumbernya melalui proses wawancara, yang kemudian dianalisis secara kualitatif. Adapun hasil penelitian ini adalah pertama, konstruksi hukum diversi dalam perspektif Restorative Justice terhadap anak berhadapan dengan hukum di Kejaksaan Negeri Klaten bukan hanya sebagai bentuk pertanggungjawaban atas perbuatannya, akan tetapi penjatuhan berupa tindakan terhadap Anak juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk pembinaan agar Anak dapat memperbaiki sikap dan perilakunya di kemudian hari sebagai modal dalam menjalani kehidupan selanjutnya sebagai generasi penerus bangsa. Mengingat ketentuan sebagaimana dalam Undang-Undang Sistem Peradilan Pidana Anak Nomor 11 Tahun 2012, pemidanaan yang dijatuhkan kepada Anak telah sesuai dengan mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak yang berpedoman dengan konsep Restorative Justice. Kedua, Akibat hukum dalam mencapai diversi dalam perspektif Restorative Justice terhadap anak berhadapan dengan hukum di Kejaksaan Negeri Klaten, perlindungan hukum bagi hak seorang anak yang dikatakan sebagai pelaku tindak pidana dalam proses diversi telah mendapatkan perlindungn khusus ketika berkonflik dengan hukum, perlindungan dengan adanya kemungkinan unsur balas dendam dari pihak keluarga korban, perlindungan dari stigma negative masyarakat dan melindungi anak dari pengaruh negative proses peradilan dan ini sudah terlaksana di Kejaksaan Negeri Klaten, karena dengan melibatkan pihak-pihak yang berkonflik dan keluarganya. Kata kunci : Diversi, Tindak Pidana Anak, Restorative Justice

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Oct 2024 04:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35498

Actions (login required)

View Item View Item