PERLINDUNGAN HUKUM MEREK KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Menara Jaya Foods Kota Depok)

Mansur, Muh (2024) PERLINDUNGAN HUKUM MEREK KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING GLOBAL USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (Studi Menara Jaya Foods Kota Depok). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200263_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200263_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

Kebutuhan adanya perlindungan hukum atas merek semakin berkembang dengan pesat setelah banyaknya kejadian orang yang melakukan peniruan-peniruan. Salah satu merek yang perlu dilindungi yaitu merek Dimsum Menara Jaya Foods kota Depok. Perlindungan merek sudah diatur dalam Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang merek dan indikasi geografis, namun faktanya banyak merek UMKM di kota Depok yang belum terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual sehingga belum mendapat perlindungan hukum. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris dan spesifikasi penelitian deskriptif analisis yang penulis berusaha menjelaskan mengenai penggunaan merek kolektif sebagai perlindungan merek bersama untuk meningkatkan daya saing global Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan menjelaskan apa saja hambatan-hambatan dalam perlindungan hukum terhadap merek kolektif dalam meningkatkan daya saing global Usaha Mikro Kecil dan Menengah serta bagaimana seharusnya perlindungan hukum terhadap merek kolektif dalam meningkatkan daya saing global Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Dari penelitian ini menemukan hasil bahwa terhadap perlindungan hukum, hambatan-hambatan dalam perlindungan hukum dan formulasi perlindungan hukum terhadap merek kolektif dalam meningkatkan daya saing global Usaha Mikro Kecil dan Menengah di masa mendatang maka penggunaan merek kolektif sangat efektif dapat dijadikan sebagai perlindungan hukum, mengatasi hambatan-hambatan dalam perlindungan hukum dan dapat dijadikan formulasi dalam perlindungan hukum terhadap merek kolektif dalam meningkatkan daya saing global Usaha Mikro Kecil dan Menengah di masa mendatang. Kata Kunci : Perlindungan hukum, merek kolektif, UMKM, Daya saing global

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Oct 2024 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35486

Actions (login required)

View Item View Item