IMPLEMENTASI SANKSI PIDANA KEBIRI BAGI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DALAM KONSEPSI KEPASTIAN HUKUM

UTAMI, MEGA ALMAN PRATISTANING (2024) IMPLEMENTASI SANKSI PIDANA KEBIRI BAGI PELAKU TINDAK PIDANA KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK DALAM KONSEPSI KEPASTIAN HUKUM. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200239_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200239_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Pelaksanaan sanksi kebiri merupakan hukuman yang baru di Indoensia, oleh karena itu terjadi pro dan kontra terkait pelaksanaan tindakan tersbut. Di satu sisi pelaksanaan pidana kebiri diharapkan mampu memberikan efek jera dan pencegahan kepada pelaku serta dapat menguragi tingkat kejahatan seksual terhadap anak. Namun, di sisi lain pemberian hukuman tersebut tidak manusiawi dan berupa penyiksaan terhadap pelaku yang mana melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Penulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis implementasi dan efektivitas pelaksanaan sanksi pidana kebiri bagi pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dalam konsepsi kepastian hukum. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative dan sosiologis, dengan spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data sekunder bersumber dari bahan hukum primer, hukum sekunder, dan hukum tersier, serta narasumber pakar hukum. Pengumpulan data melalui metode campuran antara data lapangan dan kepustakaan. Pengolahan data dilakukan secara kualitatif, kemudian dilakukan pengambilan kesimpulan dengan metode induktif. Pisau analisis menggunakan teori kepastian hukum dan teori efektivitas hukum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sanksi pidana kebiri bagi pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak dalam konsepsi kepastian hukum sudah sejalan dengan teori kepastian hukum menurut Gustav Radbruch. Efektivitas pelaksanaan sanksi pidana kebiri bagi pelaku tindak pidana kekerasan seksual terhadap anak ditinjau dari perspektif hak asasi manusia belum ada keberhasilan yang menunjukkan adanya efektivitas pelaksanaan sanksi pidana kebiri kimia. Kata Kunci: Sanksi Pidana; Kebiri; Kekerasan Seksual.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35473

Actions (login required)

View Item View Item