IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA MELALUI PENDEKATAN KEADILAN RESTORATIF DALAM PERATURAN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA (Studi Kasus Pada Kejaksaan Negeri Takalar)

PUTRI, DIAN SYAH (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGHENTIAN PENUNTUTAN TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA MELALUI PENDEKATAN KEADILAN RESTORATIF DALAM PERATURAN KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA (Studi Kasus Pada Kejaksaan Negeri Takalar). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200197_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Ilmu Hukum_20302200197_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Penyalahgunaan narkotika di Indonesia sudah dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan, hal ini disebabkan saat ini akses masyarakat Indonesia sangat mudah untuk mendapatkan narkotika. Keadaan semakin diperparah dengan fakta bahwa telah mulai terjadi normalisasi peredaran gelap narkotika yang dilakukan di tempat umum, sehingga sangat merusak kehidupan masyarakat khususnya generasi muda. Penyalahgunaan narkotika tidak dapat dibiarkan terus berkembang karena apabila semakin berkembangnya narkotika tidak hanya merusak kesehatan fisik dan psikis (mental) penggunanya, tetapi juga mengakibatkan melambatnya perkembangan ekonomi dan menurunnya kemajuan sosial. Dalam perkembangan hukum di Indonesia dikenal kebijakan penghentian penuntutan melalui pendekatan keadilan restoratif (restorative justice). Tentunya dengan munculnya keadilan restoratif (restorative justice) ini dapat menjadi sebuah perlindungan bagi para korban penyalahgunaan narkotika, yang tidak terlibat dalam peredaran gelap narkotika. Tujuan penelitian ini agar dapat mengetahui bagaimana kriteria seseorang dapat dikategorikan sebagai korban/pecandu/penyalahguna narkotika menurut Undang – Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan bagaimana implementasi kebijakan penghentian penuntutan terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika melalui pendekatan keadilan restoratif khususnya dalam Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris, yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan teknik studi pustaka dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kebijakan penghentian penuntutan terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika pendekatan keadilan restoratif khususnya dalam Peraturan Kejaksaan Republik Indonesia saat ini sudah mulai diterapkan dan memberikan dampak positif guna memenuhi rasa keadilan masyarakat dengan menyeimbangkan antara kepastian hukum dan hati nurani. Kata Kunci: Kebijakan Penghentian Penuntutan, Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika, Keadilan Restoratif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Oct 2024 01:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35435

Actions (login required)

View Item View Item