KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN MEDIA KANTONG PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS V

Parinduri, Adela Saskia (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SELF ORGANIZED LEARNING ENVIRONMENT BERBANTUAN MEDIA KANTONG PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000113_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000113_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)

Abstract

Model Self Organized Learning Environment dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang materi. Kemudian, salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika adalah media kantong pintar. Desain penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperiment. Peneliti menggunakan metode pre-test dan post-test dengan bantuan alat pembelajaran kantong pintar. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Self Organized Learning Environment terhadap kemampuan berhitung siswa kelas V. Pelaksanaan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan dua kelas dengan perlakuan/treatment model Self Organized Learning Environment berbantuan media kantong pintar terhadap kemampuan berhitung. Berdasarkan hasil olah data uji Paired Sample T-Test nilai rata-rata kelas eksperimen untuk pre-test 73,26 dan post-test 83,46. Uji hipotesis yang telah dilakukan memperlihatkan bahwa terdapat perubahan atau perbedaan kemampuan berhitung siswa. Pada kolom lower dan upper yang masing-masing bernilai negatif, yaitu -11,77257 untuk lower dan -2,07358 untuk upper. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan dalam keefektifan model pembelajaran Self Organized Learning Environment berbantuan media kantong pintar terhadap kemampuan berhitung siswa kelas V. Kata Kunci : Kemampuan Berhitung, Model Self Organized Learning Environment, Media Kantong Pintar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:15
Last Modified: 09 Aug 2024 04:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35340

Actions (login required)

View Item View Item