ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA MATERI DIAGRAM DI KELAS IV SDN BOJA 02

Azizah, Nur (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA MATERI DIAGRAM DI KELAS IV SDN BOJA 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000107_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000107_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh para siswa yang belum memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Penggunaan soal rutin yang dominan dalam pembelajaran pun membatasi siswa dalam mengevaluasi evaluatif soal secara kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika open ended materi diagram. Jumlah subjek penelitian ini ialah 8 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif jenis studi dokumen. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, tes tertulis, wawancara, serta dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, pedoman penskoran, serta pedoman wawancara. Informan dipilih berdasarkan hasil nilai tertinggi pada setiap kategori kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis subjek penelitian tersebar dalam tiga kategori yang berbeda. Berdasarkan lima kategori yang ditetapkan, subjek penelitian berada pada kategori rendah, kategori sedang, serta pada kategori tinggi. Subjek pada kategori rendah memiliki kemampuan berpikir kritis yang kurang baik. Subjek dengan kemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir kritis yang cukup baik. Subjek pada kategori tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas 4 SD Negeri Boja 02 berada pada kategori yang berbeda-beda. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Soal Open Ended Matematika, Materi Diagaram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Aug 2024 04:13
Last Modified: 09 Aug 2024 04:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35338

Actions (login required)

View Item View Item