PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERBANTUAN MEDIA FLIP BOOK DI KELAS V SDN BUMI ARUM

Triviana, Fina (2024) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PERBANTUAN MEDIA FLIP BOOK DI KELAS V SDN BUMI ARUM. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000105_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000105_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran IPAS tema Indonesiaku Kaya Raya dalam pembelajaran di sekolah sehingga implementasi pembelajarannya kurang maksimal khususnya pada siswa kelas V SDN Bumi Arum. Maka dari itu tujuan penelitian ialah meningkatkan hasil sekaligus keaktifan peserta didik saat pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui pengaplikasian model kooperatif type jigsaw berbantuan media flip book untuk mewujudkan peningkatan hasil belajar kognitif IPAS kelas V di SDN Bumi Arum. Penelitian berjenis PTK. Penelitian menerapkan 2 siklus, bila belum dinyatakan berhasil akan dilanjut ke siklus selanjutnya dan dijalankan sehingga mencapai perubahan yang dikehendaki. Subjek penelitian ini ialah kelas V SDN Bumi Arum tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 siswa dengan rincian 20 laki-laki serta 10 perempuan. Hasil penelitian didapat bahwasanya penggunaan model kooperatif type jigsaw ini bisa mewujudkan peningkatan hasil ranah kognitif, ranah afektif (keaktifan) peserta didik pada pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Raya di kelas V SDN Bumi Arum yang ditunjukkan pada hasil presentase pada siklus 1 didapat rerata 10% serta siklus 2 didapat rerata sebesar 93% untuk hasil ranah kognitif. Sedangkan untuk ranah afektif pada siklus I presentase 62% serta siklus 2 persentase 84%. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwasanya penerapan model kooperatif type jigsaw berbantuan media flipbook mampu mewujudkan peningkatan hasil belajar kognitif dalam pembelajaran IPAS di kelas V SDN Bumi Arum. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Jigsaw; Media Flip Book, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 Oct 2024 03:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35337

Actions (login required)

View Item View Item