Putri, Ashifa Rachma (2024) ANALISIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN LANGKAH POLYA DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA KELAS V SDN KENTONG BLORA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000100_fullpdf.pdf Download (10MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000100_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (140kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan langkah polya yang ditinjau dari self efficacy. Kurangnya self efficacy mengakibatkan siswa mengalami kesulitan saat menghadapi soal pemecahan masalah berbentuk cerita, dimana siswa masih belum memahami permasalahan dan menyusun sebuah rencana untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah polya ditinjau dari self efficacy kelas V SDN Kentong Blora. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa V SDN Kentong Blora berjumlah 32. Metode pengumpulan data meliputi: angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan self efficacy tinggi dan sedang mampu memahami masalah, merencanakan strategi pemecahan masalah, melakukan perhitungan dan memeriksa kembali pemecahan masalah menurut Polya. Siswa dengan self efficacy rendah hanya mampu merencanakan dan melaksanakan strategi pemecahan masalah menurut Polya. Semakin tinggi self Efficacy semakin baik konsistensi jawaban yang diberikan dalam pemecahan masalah dan sebaliknya, semakin rendah self efficacy maka konsistensi jawaban yang baik semakin kecil. Kata Kunci : Pemecahan Masalah, Matematika, Self Efficacy, Langkah Polya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35336 |
Actions (login required)
View Item |