Rohimsyah, Muhammad Ilham (2024) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SDI SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000095_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000095_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran inti dalam pendidikan yang mempunyai peranan penting. Materi matematika penjabarannya mengacu pada prinsip belajar bermakna yaitu belajar mengutamakan pengertian atau pemahaman konsep. Karena pada dasarnya upaya dalam mendalami materi matematika harus diawali dengan penguasaan konsep. Agar dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang menarik perhatian. Salah satunya yaitu salah satu model yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah model pembelajaran cooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperatif tipe TPS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 3 SDI Sultan Agung 4. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 di SDI Sultan Agung 4 yang terdiri dari 26 siswa. . Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDI Sultn Agung 4 sebanyak 26 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal tes berbentuk esai yang terdiri dari sepuluh soal digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Berdasarkan hasil uji paired sample t test diperoleh hasil sig 0.00 < α 0.05 maka Ho ditolak. Maka disimpulkan bahwa model cooperatif learning tipe think pair share berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas III SDI Sultan Agung 4. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), Pengaruh, Kemampuan pemahaman konsep matematika, Mata Pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 03:16 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35334 |
Actions (login required)
View Item |