EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA KELAS V

Ardinata, Yahya Diki (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE GAMIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA SISWA KELAS V. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000088_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Penelitain ini berfokus pada keefektivan dari metode gamifikasi terhadap hasil belajar kognitif. Dalam pembelajaran kognitif terlebih khusus pada high order thingking skill diperlukan sebuah inovasi pemilihan metode dalam pelaksanaan pembelajaran yang mampu merangsang minat siswa dalam proses pembelajaran dibandingkan penggunaan metode konvensional dengan harapan dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran. Penggunaan gamifikasi ini merupakan sebuah metode yang menyerap elemen-elemen game dan diimplementasikan pada kegiatan belajar yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui Pre Experimental Design,. Dengan jenis desain One Grup Pre-Test Post-Test. Subjek siswa kelas V SDN 1 Sidodadi dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui tes dengan instrument penelitian pretest dan posttest. Uji sampel yang digunakan melalui Uji Normalitas dan berdistribusi normal. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat penggunaan metode gamifikasi terhadap hasil belajar kognitif mendapatkan rata-rata nilai 41,68 pada pretest dan nilai 59,64 pada posttest. Dan berdasarkan hitungan statistic menggunakan uji gain memiliki peningkatan sebesar 0,31 yang berkategori sedang paired sample t test diperoleh sig. (2- tailed)= 0,0000 <0,05. Maka H1 ditolak sedangkan H2 diterima, yang artinya penggunaan gamifikasi ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V. Kata kunci : gamifikasi, hasil belajar kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 09:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35330

Actions (login required)

View Item View Item