PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4

Lestari, Widya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000086_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000086_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa. Penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yakni model pembelajaran konvensional terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada mata pelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SD Islam Sultan Agung 4, Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental Designs. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05 berdasarkan hasil tersebut maka H0 ditolak. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa mata pelajaran pendidikan pancasila kelas V di SD Islam Sultan Agung 4. Kata kunci: Problem Based Learning, Berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35329

Actions (login required)

View Item View Item