Noviana, Umbar (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS V MATERI BILANGAN PECAHAN DI SDN 3 WORO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000084_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000084_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembalajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together terhadap kemampuan numerasi siswa materi bilangan pecahan sd negeri 3 woro tahun pelajaran 2023/2024. Hasil bahwa : metode yang digunakan yaitu pre experimental dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dan peningkatan yang dialami siswa sebelum dan sesudah perlakuan yang dapat ditunjukkan pada analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Paired T Test dan Uji Gain a). Analisis data diperoleh bahwa hasil uji paired t-test mendapat hasil sebesar sig.(2-tailed)=0,001<0,05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. b). Hasil belajar siswa pada muatan matematika materi bilangan pecahan dengan menggunakan model Cooperative Tipe Numbered Heads Together dapat terdistribusi dengan baik dan mendapat nilai sebesar 0,066 untuk pretest dan 0,147 untuk posttest. c). hasil uji gain menunjukkan score sebesar 0,76 yang artinya terdapat keefektivitas dalam model yang digunakan, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam menggunakan model Cooperative Tipe Numbered Heads Together di kelas v SD Negeri 3 Woro. Kata kunci : Cooperative Tipe Numbered Heads Together, numerasi, bilangan pecahan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:19 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35328 |
Actions (login required)
View Item |