KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N KRIKILAN I

Junita, Reza Isma (2024) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD N KRIKILAN I. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000069_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000069_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Studi ini menitikberatkan pada efektivitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan penerapan sarana ular tangga terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Krikilan I. Bertujuan yang utama penelitian ini yaitu guna menilai efektivitas model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media ular tangga kepada hasil pembelajaran kognitif murid pada mata pelajaran IPAS kelas IV di SD Negeri Krikilan I. Pendekatan yang dipergunakan pada studi ini yaitu kuantitatif dengan mempergunakan desain Quasi Experimental Design, yakni pola pretest-posttest control group design. Desain eksperimental tersebut mengikutsertakan 2 kelompok, yakni kelas kontrol serta kelas eksperimen, di mana 2 kelompok ini diberikan pretest dan posttest sebagai dasar pengumpulan data. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari murid kelas IV SD Negeri Krikilan I serta SD Negeri Kemijen 3, masing-masing berjumlah 20 siswa, yang ditentukan melalui teknik sampling jenuh. Analisis data memperlihatkan bahwasannya pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest yakni 46,10, sementara posttest yaitu 81,25. Uji paired sample t test memperlihatkan terdapat perbandingan yang berpengaruh antara postest serta pretest dengan nilai sig.(2-tailed)=0,000, H

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 04:31
Last Modified: 07 Aug 2024 04:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35322

Actions (login required)

View Item View Item