PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV

Kartika, Mutiara Somi (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000056_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000056_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran matematika dan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SSCS lebih baik dari pada kemampuan berpikir kritis peserta didik pada model pembelajaran konvensional. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent control group design dengan pemilihan sampel melalui teknik sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas IV SDN 02 Purwosari Pemalang sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 01 Petanjungan Pemalang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berbentuk essay. Teknik analisis data penelitian ini adalah 1) Uji paired sample t test dan uji n-gain; 2) Uji independent sample t test. Hasil hipotesis diperoleh bahwa: 1) Uji paired sample t test memperoleh hasil 0,000 < 0,05 dan uji n-gain memperoleh rata-rata score 34,8891 dengan kategori cukup maka H0 ditolak dan Ha diterima; 2) Uji independent sample t test memperoleh Sig. 0,016 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa: 1) Adanya pengaruh model SSCS terhadap kemampuan berpikir kritis; 2) Kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Kata Kunci : Model SSCS, Model Konvensional, Kemampuan berpikir kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35317

Actions (login required)

View Item View Item