PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4

HIDAYAT, MUHAMMAD WAHYU (2024) PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN IPAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS V SD ISLAM SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000055_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000055_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Minat Dan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipas Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Siswa Kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Metode yang di gunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Subjek yang akan di teliti adalah peseta didik kelas V SD Islam Sultan Agung 4 yang berjumlah 25. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar angket. Penelitian ini mengukur hasil kognitif dan afektif. Ranah kognitif diukur melalui hasil tes peserta didik,ranah afektif diukur melalui angket minat peserta didik. Analisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan uji validitas,uji reliabilitas,uji daya pembeda,uji Tingkat kesukaran dan uji gain. Hasil yang di peroleh menyatakan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan minat dan ketrampilan berfikir kritis siswa kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Hasil belajar kognitif siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 64,00 meningkat pada siklus II menjadi 84,27. Pada ranah afektif, minat peserta didik pada siklus I sebesar 63,2%, meningkat pada siklus II menjadi 83%. Kesimpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran Discovery learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi sifat-sifat Cahaya kelas V SD Islam Sultan Agung 4. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Minat,Berfikir Kritis,Discovery learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35316

Actions (login required)

View Item View Item