ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU KEKERASAN ANTAR SISWA DI SD NEGERI PUCAKWANGI 03

Tazkiyya, Karima (2024) ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERILAKU KEKERASAN ANTAR SISWA DI SD NEGERI PUCAKWANGI 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000046_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000046_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, menganalisis faktor-faktor lingkungan sekolah yang menyebabkan terjadinya kekerasan antar siswa SD Negeri Pucakwangi 03, menganalisis jenis-jenis perilaku kekerasan antar siswa SD Negeri Pucakwangi 03. menganalisis upaya yang dilakukan oleh guru SD Negeri Pucakwangi 03 dalam perilaku kekerasan antar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan beberapa faktor yang menyebabkan tindak kekerasan di SD N P ucakwangi 03 antara lain yaitu dari pertama, faktor lingkungan fisik yang berupa alat sarana-prasana dan fasilitas disekolah yang kurang memadai membuat siswa enggan dalam menggembangkan potensi dan karakter. Kedua, faktor lingkungan non fisik sebagai arti dalam hubungan sosial interaksi subjek yang diamati. Kemudian faktor tersebut menyebabkan beberapa bentuk kekerasan seperti memukul, menendang, mengancam bahkan menjuluki dengan julukan negatif. Perilku yang terjadi tentu membutuhkan peran guru untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di tempat penelitian. Kata Kunci: kekerasan, hubungan sosial, sarana prasana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35314

Actions (login required)

View Item View Item