Bahtiar, Heru (2024) PENINGKATAN LITERASI NUMERASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 PLOSOHARJO KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000040_fullpdf.pdf Download (12MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000040_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
Abstract
Literasi numerasi sebagai sumber pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari. Inkuiri berasal bahasa inggris inquiry yang berarti pertanyaan, pemeriksaan, dan penyelidikan atau inkuiri juga berarti suatu proses bertanya dan mencari jawaban pertanya secara ilmiah. Keterampilan inkuiri merupakan suatu proses yang bermula dari perumusan masalah, merumuskan hipotesis, pengumpulan data, menganalisis data, dan mengumpulkan data. Sasaran pembelajaran dalam proses pembelajaran inkuiri yaitu siswa di harapkan mampu terlibat secara maksimal dalam pembelajaran, siswa dapat terarah secara logis dan sistematis berdasarkan pada tujuannya, dan siswa dapat mengembangkan sikap percaya pada diri berdasarkan dengan apa yang dia temukan dalam proses inkuiri.(Gunur, Lalus, and Ali 2019) Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan selama tiga siklus untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya materi tentang bilangan cacah, pada kelas IV SD Negeri 2 Plosoharjo dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri. Kata Kunci : (Literasi Numerasi, Matematika, Inkuiri)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:13 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35312 |
Actions (login required)
View Item |