PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDIP MUHAJIRIN SEMARANG

Anggraeni, Devi (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SDIP MUHAJIRIN SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000028_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000028_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model discovery learning menggunakan media jarimatika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Islam Plus Muhajirin Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V dan sampel penelitian sebanyak 56 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas V yang mana terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas VA dan VB tahun ajaran 2023/2024. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpualan data dengan memberikan soal pretest dan soal posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka digunakan uji validitas, reabilitas daya pembeda dan tingkat kesukaran, uji normalitas, uji paired sample t-test, serta uji gain. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari hasil nilai pretest menuju posttest. Pada saat pretest, rata-rata nilai siswa 52,75 yang artinya masih dibawah KKM (70) sedangkan hasil nilai rata-rata siswa pada saat posttest mencapai 85,25, yang artinya terdapat peningkatan antara hasil nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis statistic dengan menggunkan rumus uji paired sample t-test, Lower dan Upper dengan uji paired sample t-test yang masing-masing bernilai negative, yaitu -35.88453 untuk Lower dan -29.11547 untuk Upper, begitu juga nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Hal ini menujukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran discovery learning menggunakan media jarimatika terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Islam Plus Muhajirin. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Media Jarimatika, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 25 Sep 2024 02:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35308

Actions (login required)

View Item View Item