PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA LETTER CARD TERHADAP KEMAMPUANLITERASI NUMERASI DI SDN TUGU 1

Kusumawardhani, Belinda (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA LETTER CARD TERHADAP KEMAMPUANLITERASI NUMERASI DI SDN TUGU 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000023_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34302000023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design tipe nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini melibatkan 25 peserta didik kelas 5 di SDN Tugu 1 dan 25 peserta didik kelas 5 di SDN Tugu 2 yang telah memenuhi uji normalitas, uji paired sample t test, dan uji independent t test. Pada kedua kelompok penelitian diberikan perlakuan yang berbeda, pada kelas eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran kontekstual dan kelompok kontrol diberikan model pembelajaran konvensional. Data diperoleh melalui tes sebagai instrumen penelitian pre-test dan post-test. Hasil analisis data menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan signifikan uji t test nilai sig.(2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, oleh karena itu H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual lebih berpengaruh dibandingkan model pembelajaran ceramah terhadap kemampuan literasi numerasi peserta didik pada matematika kelas 5 di SDN Tugu 1. Kata Kunci : Kontekstual, Kemampuan Literasi Numerasi, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:53
Last Modified: 07 Aug 2024 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35303

Actions (login required)

View Item View Item